Mutiara Nisa Rozdianda

Pindah Kerja

Saat hamil sekitar 6 bulan, saya mulai berfikir untuk pindah kerja karena berbagai alasan, yang jelas mencari sesuatupengumuman cpns yang lebih baik. Sesuatu itu nggak Cuma terpaut dengan pendapatan ya,,, bisa time, chance, carier path, self development dsb… sebenernya sih di kantor lama saya cukup nyaman kalo mau bekerja seadanya,, meskipun swasta ya.. tapi ntahlah,, hati ini sudah mulai lirik kanan kiri. Hahaha. Pada saat itu, saya sudah ditawari teman saya yang sudah mendahului saya cabut untuk ke kantor yang baru. Di salah satu perusahaan e commerce terkemuka dengan jabatan dan pendapatan yang lumayan lebih baik… hehehe . Dia sudah menawarkan agar join ke kantornya dengan scope pekerjaan yang sama : operations ( nggak usah tanya kenapa saya yang jurusannya administrasi negara ini ngurusin operations, hahaha) setelah saya lahiran. Sayapun mengiyakan dan bilang : saya tertarik, tapi liat ntar habis lahiran yaaa,,. Adapula mantan atasan saya yang sekarang udah jadi salah satu Chief wanita di salah satu kantor grupnya MAP menawarkan pekerjaan dengan scope yang tidak jauh berbeda pula, sayapun menyanggupi setelah lahiran.

Nah,,, waktu itu, pas banget baru banyak bukaan pendaftaran CPNS, inget banget bulan Agustus. Sayapun iseng – iseng daftar. La pendaftarannya gampang, Cuma isi nomor KTP terus pilih instansi yang mau dilamar, baru kemudian upload – upload dokumen yang diminta, yang mana file – file itu sudah ada di laptop semua sisa apply – apply kerjaan dulu, dan kesemuanya itu onlineeeee,,, jadi dikantor pakai internet kantor masih sambil kerjapun bisa. ahahahahaha. #eh

Saya memilh sekretariat negara sebagai instansi yang saya lamar, dengan alasan Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Ketika menabung ASIP tidak semudah yang direncanakan….

ASIP yang terbuang

ASIP yang terbuang sia – sia :(

Pertama kali mencoba memompa ASI, kurang lebih anak umur 9 hari,, hampir putus asa saya untuk memompanya. Saya mencoba pertama kali dengan alat pompa si, hanya keluar kurang dari 20 ml. Selanjutnya setelah saya cari tahu kesana kemari, saya coba dengan tangan langsung, sakit awalnya karena salah cara. Saya cukup stres ketika dalam dua hari hanya bisa menghasilkan satu botol penyimpanan ASI, padahal sudah memompa agak sering. Yang keluar hanya beberapa tetes tiap kali memompa. Padahal karena ada suatu urusan yang tidak bisa ditinggalkan ( baca : pemberkasan CPNS) di Jakarta, saya harus punya stock ASI untuk Baby Huda yang akan ditinggalkan dalam jangka waktu minimal 2 hari.

Sampai tiba di waktunya saya pergi, waktu itu 12 hari setelah lahiran, saya hanya bisa mempersiapkan ASI untuk stok Huda kurang lebih 7 botol yang isinya bervariasi, kebanyakan tidak penuh. Sedihhh rasanya,,,, akhirnya jadilah dia anak sapi untuk sementara waktu. Lambat laun saya mulai tau cara untuk memeras asi, minimal memerah langsung dengan tangan. Awal – awal memerah, saya hanya bisa dapat kurang lebih 1 botol (50 – 60 ml ) sehari, karena kata ibu, waktu jadi anak sapi dulu segitu sekali minumnya. Lama kelamaan saya mulai bisa dapat 90 – 100 ml sehari, bahkan Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Persiapan menyusui dan Asi Perah

Mempersiapkan untuk menyusui dan ASIP agar lancar nantinya itu bisa dan seharusnya dilakukan di jauhhh jauh hari pas mulai hamil. Jadi waktu itu diberi masukan sam temen – temen yang udah pada menyusui termasuk dari ibu langsung. Kira – kira beginilah masukannya : sering – sering massage payudara dan membersihkan puting serta menarik – nariknya., cara memijat detailnya sih ada tuh dari youtube. Sedangkan kalau membersihkan puting biar nggak ada kulit – kulit mati dan lunak, bisa dilakukan dengan cara kompres dengan air hangat terus diolesin minyak kelapa untuk dibersihkan dan ditarik – tarik keluar putingnya. Ini fungsinya biar putingnya keluar, terus puting yang bersih memperlancar keluarnya si juga. Selain itu kalau putingnya lemes/ lunak, nanti pas menyusui ( terutama untuk pertama kali) nggak telalu sakit… dan alhamdulillah banget waktu menyusui pertama kali aku udah lancar banget.Breastfeeding

Jangan khawatir kalau pas hari – hari pertama menyusui hanya keluar sedikit, warnanya kekuning – kuningan, karena memang itulah yang dibutuhkan bayi, colostrum. Bayi baru lahir kapasitas pencernaannya masih sangat kecil. Sehingga jangan galau kalau asi yang keluar tidak banyak, karena emang yang dibutuhkan hanya “sesedikit itu”. Dan kebetulan asi saya juga bukan asi yang berlimpah seperti cerita orang – orang, alhamdulillah tetep cukuplah untuk si baby.

Kalau untuk memperlancar menyusui dan ASIP, berikut Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Persiapan Perlengkapan Bayi

Persiapan buat melahirkan ini bisa dilakukan jauh – jauh hari pas hamilnya belum tua banget. 7 bulanlah kalo bisa,,. Dicicil juga nggak papa sih. Kalo dulu sih dapat rekomendasi belanja di beberapa tempat berikut ( Jakarta) , nggak ada yang di ITC ya,, soalnya suami dulu nggak sempet nganterin :

20141025093638

  1. Maebebe Bintaro

Lokasinya pas banget hadap – hadapan sama STAN. Maebebe ini tokonya tidak terlalu luas, tapi lengkap, kalaupun misalnya ndak ada di display, kebanyakan ditanyakan langsung ke mbak – mbak pramuniaganya ada. Harganya juga bersaing banget ( baca : murah sekalii).

  1. Bebelove Tomang

Karena deket kantor lama aja sih, barangnya nggak terlalu lengkap menurut saya, harga juga standar. Harganya agak murah kalo misal beli sekaligus banyak, misal seri yang sama tapi beda warna beli 3 buah…

  1. Bilna.com

Lumayan lengkap dan suka ada promo atau diskon. Terutama promo cicilan 0% pake kartu kredit BNI. Xixixi,, lumayan meringankanlah disaat banyak hal yang harus dipenuhi bersamaan sekaligus, terus dimaksimalin biar free ongkir.

  1. Tokopedia

Ni kumpulan olshop yang lumayan lengkap nih,, harganya juga banyak yang murah dan bisa langsung dibandingkan, tapi sayangnya kalau misa beda toko, ongkirnya jadi beda juga,,,

Berikut list perlengkapan untuk bayi baru lahir :

a. Pakaian

  • Pakaian tidur.

Untuk baju tidur saya banyak beli baju velvet atau fluffy. Bahannya dua – duanya enak, awet dan tebel. Karena udah tau kemungkinan besar baby boy, jadi beli warna ijo, biru, kuning dan coklat. Warna – warna netral lah… sedangkan celananya beli beberapa celana pop dan celana panjang

  • Bedong

Meskipun beberapa tidak merekomendasikan bedong, saya tetap sesekali membedong bayi, terutama pas mau tidur, soalnya kadang bayi itu kaget, gerak sendiri dan langsung nangis bangun, kasihan kan, kalau tidurnya tidak nyenyak. Padahal bayi harus banyak tidur. Saya beli bedong merk Baby Chaz yang paketan warna hijau, biru, kuning, hal ini karena saya tidak terlalu suka motif aneh – aneh, polos aja, jadi nanti bisa jadi Read the rest of this entry »

1 Comment »

The Day

makanan peningkat hb

makanan peningkat hb

Masuk RS sekitar jam 10 pagi hari Senin tanggal 29 Desember 2014, Waktu observasi awal belum ada pembukaan dan kontraksi, ketuban masih banyak. Tapi detak jantung baby agak labil, kadang sangat cepat, kadang pelan. Sayapun dibawa ke kamar untuk diopname, untuk diobservasi. Saya didorong dengan kursi roda melewati orang – orang, karena nggak merasakan sakit atau apapun, saya malah ketawa – tawa waktu pakai kursi roda. Wawkwkkw. Dan saya bingung, kenapa mertua saya menangis.  Ternyata belakangan saya baru tahu kalau mertua saya khawatir keadaan janin saya dengan detak jantung yang mendadak lemah itu. Hal ini kemungkinan disebabkan Hb yang hanya 9,3  jadi mengakibatkan terhambatnya supply oksigen ke janin :’(

Karena ketuban sudah keluar dan tidak ada kontraksi sama sekali,,, yaiyalah,,, pembukaan aja nggak ada, sayapun diinfus lalu diinduksi. Selain diinfus, saya juga dipasangin alat bantu pernafasan, untuk janin saya sepertinya. Kalau kata orang induksi sakit, ini saya nggak kerasa apapun,, bener – bener nggak kerasa,, pas diperiksa nggak ada pembukaan juga. Na,, ini pas hamil tua gini saya baru ngerti gimana cara memeriksa pembukaan lahiran, jarinya bidannya, ntah brapa jari, dua sepertinya, dimasukin ke dalah mulut rahim, agak sakit juga ternyata ya. Hohoho, gimana lairannya ya sakitnya…. pas H+1 di RS, tepatnya 30 Desember 2014, dari rumah sakit langsung menyarankan untuk sectio caesar, untuk meminimalisir berbagai resiko buruk karena KPD dan detak jantung janin Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Trimester Ketiga

7-9 bulan

Di minggu 27, saya mencoba USG 4 D. Di Klinik Moegni dengan Dokter Bambang. Dokternya detail banget dan kita bisa nanya kalo ada yang kurang jelas. Pas USG disitu alhamdulillah semuanya oke dan normal. Dan semakin jelas bahw4G baby boya kemungkinan besar jenis kelaminan laki – laki. * periksa di 2 ahli yang berbeda. Harga USG nya kurleb 875k, dapet satu album isi foto2 sama CD isi video janin di dalem perut. Dari hasil USG nya sih sepertinya mirip suami, huks,,, ndak papa,,yang penting sehat.

Memasuki minggu ke 38, saya mulai mengajukan cuti lahiran. Biar mantap, dirapel sama cuti tahunan yang masih nyisa beberapa hari. Wkwkwkw. Alhamdulillah di kantor saya cukup flexible dan,,, acc…. Wkwkwk, jadilah kalau misal di hitung2 saya cuti nantinya 3 bulan lebih seminggu, akhir desember sampe maret, baru masuk April. Itupun rasanya masih rugi bandar karena Februari harinya sedikit dan ada beberapa libur hari besar di Desember sampai Maret itu. Hihihi. Karena berencana lahiran di Jogja, Di minggu ini – hampir 39- saya pulang kampung via darat dengan si tua Leo 17 jam! Alhamdulillah lancarrr.

Pas itu langsung ke RS Happy land, rencananya mau melahirkan disitu. Karena pas sebelumnya survei udah paling pas dan deket sama rumah mertua, secara ntar dibiayai sama kantor juga. Wkwkwkkwk.   Dapet antrian nomor awal sih, tapi karena sama dokter yang recomended, dan sibuk banget beliaunya (baca : dokter Ova) dateng jam 4 baru mulai Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Maternity Photo

Memasuki Trimester 3, perut saya udah gede banget,,,,

maternity mutiaraUntuk mendokumentasikan momment ini, kamipun iseng – iseng beli voucher maternity photo di groupon, disdus, cuma Rp 99.000,00 lumayankan? :D

Kami foto seadanya, dengan sok – sokan casual plus sok anggun militer gitu. hehehe. Studio foto yang mengadakan promo ini adalah Dark Room yang ada di Mall Artha Gading. Hasilnya? Check it out! (Pengaturan warna dari eke ya ini..) :D

Hasilnya ada 12 foto, yang gak semuanya bisa di upload ya…

Saran pas maternity photo jangan pas 9 bulan,, takut capek dan posenya jadi agak susah… hehehe,

Saya waktu take foto di 7 bulan jalan 8 kehamilan dulu… Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Trimester Kedua

Yap,,

4 – 6 bulan

usg 2dalhamdulillah banget di kehamilan trimester kedua ini udah enak banget hamilnya,,, mau ngapa – ngapain enak, makan apapun hayukkk,, yang nggak hayuk tetep bau satee.. hehehe, alhamdulillahlah,, babynya ngingetin yang sehat – sehat.

Di trimester kedua ini katanya jenis kelaminnya udah mulai ketahuan,,, pas empat bulan dilihat dokter, katanya cewek,,, habis itu pas lima bulan dilihat bidan (pas itu dokternya baru tutup, karena udah waktunya kontrol, ke bidan yang direkomendasiin temen deh), eh,, katanya cowok,, nah lo,,, heheheh. Untuk biaya kontrol, saya baru tau ternyata beda banget ya… Di dokter biasanya itu Kontrol Dokter Rp 200.000,00, USG+cetak Rp 100.000,00, jadi minimal Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Trimester Pertama

0 – 3 bulan kehamilan.

mutiaranisaSaat – saat inilah kabar kehamilan yang menyenangkan menjadi agak gimana gitu pas mulai ngrasain bahwa mualnya nggak karuan. Saya termasuk orang yang ngrasain hamil ribet, mual luar biasa sepanjang hari. Apalagi kalo nyium bau makanan, nyium bau bawang, asep sate, nasi yang baru dimasak, air baru direbus, cucian,bahkan suami!!! wkwkwk.

Tiap pagi saya hampir selalu telat ke kantor untuk menyeimbangkan dan menormalisasi muntahnya, iyaaa,, morning sickness. di trimester pertama ini, berat badan saya malah turun, secara apapun yang coba dimasukkan, bahkan buah dan air putih, langsung keluar lagi, di jalan pas naek motor muntah, naek mobil muntah, ngliat kondisi kurang cantik, muntah, bener – bener seharian muntah, bener – bener susah konsen kerja dan beraktivitas. Alhamdulillahnya nggak sampai harus bedrest ke rumah sakit.

Di trimester pertama inilah suami saya keliatan paling sayang sama saya, aheee,, huauauaua. Suami sayalah yang membersihkan rumah, mencuci Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Our 1st Wedding Anniversary Gift

Sebelum menikah, saya pernah berencana tidak langsung hamil nanti ketika sudah menikah. Selain ingin focus kerjaan, juga pengen semuanya disiapkan dahulu agar udah ready kalo ada baby, yahh kurang lebih 2 taun baru mau punya baby. Secara tinggalnya masih di kontrakan, saya dan suami masih hobi kerja, garis bawahi ya,, hobi kerja . jarang banget kita pulang sesuai jam kantor. Adaaaaa aja yang dipelajarin dan dikerjain. Alhasil, nggak pernah tuh pulang ke rumah kurang dari jam 19:00 malem. Saya sendiri agak males juga pulang ke rumah terus nggak ketemu siapa – siapa.5w 6d mutiara pregnancy

Seiring berjalannya waktu, baru aja berapa bulan nikah gitu, suami udah pengen banget punya anak. Wkwkwkwk, lama kelamaan saya ikut pengen juga. Pernah sih pas 4 bulan habis nikah kita iseng – iseng periksa kesehatan reproduksi, waktu itu sih saya yang diperiksa, dan hasilnya sehat. Pas bilang mau promil, dokternya ketawa, katanya nanti kalau udah setahun.

Setelah gaya – gayaan honey moon pun (yang sebenernya niat kita buat backpacking aja) ndak isi juga. Mulai ngenes lagi pas liat temen – temen yang nikahnya barengan udah mulai lahiran. Apalagi yang nilahnya barusan udah langsung hamil. Yaaawwwwnnnn,,,, wkwkwkwk

Suatu saat di awal tahun, tepatnya bulan April 2014, saya udah telat nih, sampai tengah April nggak dapet menstruasi, padahal terakhir mens awal Februari 2014. Dalam kurun waktu tersebut eke berkali – kali nyoba test pack Read the rest of this entry »

Leave a comment »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.