Tiara berulah^^….

Just another Tiaras' side

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara UGM

on March 17, 2009

nullBeberapa orang pernah nanya ke saya “Ra, emang Administrasi Negara itu melajarin apa si?”, atau,, “Eh, la emang apa bedanya sama Ilmu Pemerintahan”. Padahal sebenernya, saya dulu juga masuk sini karena ga sengaja^^. Awalnya si, agak bingung juga karena konsep – konsep yang dipelajari banyak dari ilmu manajemen. Saya yang pas SMA konsentrasi jurusannya IPA pun agak keteteran. Belum lagi dulu yang terbiasa dengan sesuatu yang pasti dalam menjawab, sekarang mau  tidak mau harus mengembangkan pemikiran, jadi kayak ga ada yang pasti gitu, hal yang bener bisa jadi salah, begitu pula sebaliknya.

Buat yang pengen tau Ilmu Administrasi Negara tu kaya apa, sebagai gambarannya saya akan coba melist mata kuliah – mata kuliah yang ada di jurusan saya. Semoga saja bisa bermanfaat, terutama buat temen – temen SMA yang mau memilih jurusan.

1.       Mata Kuliah Wajib Universitas

Kewarganegaraan, Agama, Pendidikan Pancasila, KKN

2.       Mata Kuliah Wajib Fakultas

Sistem Sosial dan Politik Indonesia, Teori Organisasi, Pengantar Ilmu Politik, Ilmu Sosial Dasar, Metode Penelitian Sosial,

3.       Mata Kuliah Jurusan

a.       Mata Kuliah Wajib jurusan

Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Manajemen Publik, Perencanaan Pembangunan, Kebijakan Publik, Hukum Administrasi Negara, Etika Administrasi Negara, Metode Penelitian untuk Administrasi, Teori Administrasi Negara, Internship, Metode Kuantitatif,

b.      Mata Kuliah Pilihan Jurusan (dan konsentrasi)

Evaluasi Kebijakan Publik, Studi Implementasi Kebijakan Publik, Manajemen Proyek, Manajemen Lingkungan, Pembangunan Industri, Analisa Dampak Sosial, Administrasi Perusahaan Negara, Pembangunan Perkotaan, Pembangunan Pedesaan, Perilaku Organisasi, Manajemen Perubahan dan Bencana, Kebijakan Kependudukan, Isue Kebijakan Otonomi Daerah, Sistem Administrasi Negara, Metode Kualitatif, Manajemen Strategis, Administrasi Pembangunan, Pembangunan Pariwisata, Sistem Informasi Manajemen, Analisis Kebijakan Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan, Manajemen Pelayanan, Organisasi dan Administrasi Internasional, Pengembangan Organisasi dan Birokrasi, Pembangunan Kelembagaan, Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan, Patologi Administrasi Negara, Ekonomi Kebijakan Publik, Pembangunan Pertanian, Problema Pembangunan.

Di JIAN (Jurusan Ilmu Administrasi Negara) ada 3 konsentrasi yang bisa diambil, yaitu Administrasi Pembangunan, Kebijakan Publik dan Manajemen Publik. Jadi beberapa mata kuliah pilihan jurusan ini akan menjadi wajib untuk masing – masing konsentrasi tersebut.

c.       Mata Kuliah Umum

Mata kuliah umum tu, biasanya ngambil mata kuliah dari jurusan lain, atau bisa juga disebut lintas jurusan. Jadi dari AN bisa ngambil HI, IP, Komunikasi, Sosiologi maupun Sosiatri bahkan lintas fakultas dengan syarat – syarat tertentu^^, dan kita emang diharuskan buat ngambil 18 SKS untuk lintas jurusan dari total 146 SKS (termasuk skripsi) yang harus diambil buat jadi dapet gelar S.I.P^^


45 responses to “Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara UGM

  1. d3ptzz says:

    elins == enaknya menyalins..

  2. hendro says:

    Adminstrasi negara..
    banyak teman sy disana khususnya 2006

    regard

  3. admin-kman says:

    emang udeh dapet apa aja di AN…

  4. mutiaranisa says:

    #Sanjaya
    tu udah dijawab d3ptzz :P

    #d3ptzz
    hahaha,,iya,,aku melihat realita itu d3ptzz^^

    #hendro
    o ya?siapa aja mas?
    makasi^^

    #admin-kman
    dapet C : 1 di Teori Organisasi Pid,,,hukz…

  5. beuh…ini blognya mbak Yuli yak?hakhakhak

  6. mutiaranisa says:

    eit2,,,,
    kan saya membantunya mas,,,hahaha

  7. vita says:

    Mbak, sulit gak vakultas adm negara…
    sepertinya banyak sekali mata kuliahnya…
    saya lagi bingung milih jurusan…
    dasar saya seE akuntansi…
    bisa minta pendapatnya gak ?

  8. mutiaranisa says:

    mata kuliah tersebut ga perlu diambil semua ko Dek,.., sesuai dengan minat aja dan jumlah sks yang harus dipenuhi (tiap jurusan biasanya 144 – 146 sks)…

    kalo dasarnya akuntansi,,kayaknya cukup beda dari administrasi negara. karena selama saya kuliah ini lebih banyak belajar tentang pelayanan publik, pembangunan manusia, manajemen negara dsb.
    kalo boleh saya saranin, kalo emang dasarnya akuntansi dan suka akuntansi,,yasudah,,ambil akuntansi aja…

    tapi kalo tertarik juga pada pelayanan publik, mengatasi problema kemiskinan, ketimpangan, mau blajar manajemen publik…bisa pilih AN.

    lapangan kerjanya sama – sama luas ko,,tenang aja. sukses ya^^

    • ddd says:

      emg prospek kerja administrasi negara itu apa aja ?
      khususnya di swasta?
      kalo bs ya dari konsentrasi manajemen itu jd apa ? kebijakan jd apa ? administrasi pemb jd apa ?
      makasih

  9. azmi says:

    mba kalo di ilmu administrasi negara banyak hafalannya ga? soalnya di sma saya dari ipa.
    bagi saya rada berat juga kalo banyak hafalan…..

  10. mutiaranisa says:

    ga juga ko..:)
    lebih banyak pemahaman dan pengembangan pemikiran buat mecahin masalah publik. menurut saya lo…:)

    soalnya dulu saya dari IPA juga,,,alhamdulillah ga menemuin kesulitan yang berarti:)

  11. bimo says:

    mba, saya tahun ini masuk ugm jurusan AN.. ketrima lewat jalur utul, klo saya boleh nanya, di AN itu ada hitungannya ga? apa konsepnya cm soal manajemen dan kebijakan” gitu? trimakasi

  12. phiiyan says:

    tir…,
    ono sing kurang tuh,
    Teori pembangunan Lom ada,
    TP wajib juRusan,
    trus Teori oRganisasi tu juga wajib juRUsan,
    hehehe….,

  13. mutiaranisa says:

    bimo
    hore,,,selamat ya bim,, selamat bergabung ;)
    emang si,,kebanyakan tentang kebijakan, manajemen, termasuk perencanaan…tapi,,tetep ada itungannya…karena dalam membuat kebijakan kita perlu banyak memperhitungkan berbagai hal, termasuk masalah dana dan umur fasilitas – fasilitas publik yang akan dibuat. cuman,, itungannya dikit ko, cuma mata kuliah tertentu..suka hitungankah?:)
    semangaaaddd!!!:D

    phiiyan
    oh iya yan,,,kan ngetes biar anak – anak AN yang lain, kayak kamu tuh,,,turut berkontribusi :P
    makasi ya…:D

  14. abi says:

    lagi pusing tentang organisasi dan administrasi internasional, ada yang mo bantu, sebelumnya tak ucapkan makasih banyak….
    rekan-rekan yang berbudi iman whee he..he…

    mator nuwun yoh…

  15. risna says:

    mbak… aku mau tanya nich….
    aku masih bingung,lapangan kerja utk lulusan AN????
    spesifikasi pekerjaanny tuch apa sich??

  16. arwindira says:

    mbak,,,kenalin, aku arwin,nie aku mo tnya,, klk ttg ilmu admstrasi neg.tu gmana sich???,,,hrs or, yg gmana??? Masalahna,ak masih bngung,,krang bnk th… Susah gag sich????ak mau masuk sana tp bingung,,,lg mikir2,, ak anag kls 3 ipa,, bener gag ya????

  17. fanny says:

    mba, aku skg msh 2 SMA. pnya cita-cita pgn masuk UGM. kalo jurusan administrasi negara tuh pekerjaannya apa ? terus lama ga prosesnya ?

    Aku pgn lbh bnyk tau, kalo bisa kontak aku melalui fb ya nih emailnya funda.dafun@yahoo.com

  18. Nando says:

    Mba, Aku neh anak AN salah satu universitas di jawa,,,,
    tapi aku, pengen banget masuk an ugm,,,
    pengennya sih tahun depan nyoba AN ugm,,,
    tapi apa mungkin aq bisa masuk,
    sedangkan untuk bimbel dah gag mungkin lagi,,,,
    Sumpah Mbak, aq pengn banget masuk UGM,,,,
    apakah Tuhan bakal ngijinkan,,,,
    Apakah peluang ke AN UGM besar lewat UM ugm??????
    Mbak bisa bantu ngasi solusi gak, mba????
    thanks before,,,,

  19. rindy says:

    Mbak kalo AN lowongan kerjanya apa aja? Makasih

  20. Shella miz she8 says:

    kak mw tanya dlu msuk ugm ikut jalur apa?
    kakak kan anak ipa y?apa tesx jg pake mapel ips?

  21. ryand yoo says:

    mbag..
    thx bgt

    ak jg lg bngunng bgt ne mlihh jrusann…..

    bneran gag ssah tuh jrusan AN??
    ak udh niat mlih jrusan yg ngurusin ttg pmerinthan gtu2lah..

    trus tes msuk UGMna gmn?? ssah jg..
    reep scpetna..hhehehe

    uia, SKS apaan>??
    hghehehe

  22. rizli says:

    waduh…

    mbak,, aku ni gi kul d an,,,
    ru jadi mahasiswa baru ni,,, tapi an tu sama skali lum ada konsepnya yang bsa aku serap.. aku si dulu nya anak ipa wkt sma,, gmana donk yar mudah nangkap ni???

  23. s0ny says:

    kebanyakan anak AN cwe yaw…..???

  24. firga says:

    salam dari mahasiswa RESO FISIP ADM NEGARA UNHAS..

    tambahin dong artikelnya..

  25. ixa says:

    Mb, klau di AN kan ada kewarganegaraan.itu kan biasanya bahasanya terlalu tinggi.itu kira-kira bahasanya mudah dicerna g?

  26. rina says:

    hi mba,,
    saya kelas 3 sma, agak minat ngambil AN (pilihan utama sih HI)
    kalo boleh tau,,,
    lap kerja lulusan AN tuh apa sih mba???
    thxx

  27. Suri says:

    terus apa bedanya dengan Ilmu Pemerintahan…??

  28. tatha kusnanto says:

    kakak mcuk d fakultas ney cucah uga ceyhhhhhhh….?

    pengend macuk neeeyyyyhhh>>>!

    hehehehe………….

  29. rudi marta says:

    sy minta pndpat nech mbk kbtulan sy masih kuliah di jurusan teknik sipil, dah 6 thn ngk lulus2 jg sy tertarik dgn jurusan sospol, sbagus ny sy ambil jurusan ap……….. sy jg ikut di patrai,tlng saran nya y mbk,tks

  30. irawan says:

    makasih ya atas infonya… kyknya beta mo rencana nglanjutin kuliah yg tertunda cukup lama…maklum pindah ke ambon jd males kul.. :(

  31. aryo says:

    saya pengen banget masuk AN,hari minggu saya tes wawancara karena saya ikut jalur pbs,doain ya semua :)

  32. Fatmae says:

    Mbak..,
    di AN UGM D0sENnya galaK2 g mB?

  33. fajar says:

    sekedar masukan,bagi yang berorientasi ingin bekerja di sektor swasta,sepertinya jurusan ini kurang cocok,karena sangat terbatas lowongan yang diberikan. Jurusan ini hanya mampu masuk di swasta ketika persyaratan yang diinginkan adalah ‘untuk semua jurusan’, tidak seperti akuntansi/teknik/dll yang sudah secara spesifik disebutkan. Namun untuk kalian yang ingin bekerja di sektor pemerintah,mungkin bisa dipertimbangkan masuk jurusan AN. Kebetulan saya alumnus jurusan ini dan pernah bekerja di swasta,sekarang bekerja pada salah satu Badan Pemerintah.Terimakasih.

  34. linda rohalinda says:

    mba pa j sich yg d pljri di ilmu administrasi negara. dan setelah lulus nanti lowongan kerja ny apa ..?

  35. laura pangaribuan says:

    hoho,
    klaw administrasi negara itu, jurusan pas SMAnya apa mbak??

  36. wafi says:

    alhamdulillah… insyaallah saya akan tercatat di jurusan ini, jadi mohon bantuan dan dukungannya ya….. thanx 4 your attention

  37. whir says:

    susah ga suh belajar mata kuliah ADM Negara……….

  38. rohadi says:

    woro2, mau nanya ni: AKREDITASI JURUSAN INI SEKARANG APA YA? SAYA LIHAT DI BAN-PT AKREDITASINYA A, TAPI SUDAH KADALUARSA SEJAK 2008 LALU. DAN DENGER2, SEKARANG MALAH MENJADI B. SAYA MALU SEBAGAI ALUMNI AN YANG SAMPAI KINI MASIH PENGANGGURAN

  39. Nenda Mesa Nf says:

    Waduuhh..
    Saya lg bingung neh milih konsentrasi MP/KP?Huft

  40. Dwi Annur says:

    teh saya jurusan Ipa, saya pengen ngambil AN. Kira-kira dapet pekerjaannya lama ga yah?
    Skripsinya tentanga apa aja? trus lama g?

  41. ka, aku lagi bingung mastiin jurusan. tapi pengen masuk AN. :)

  42. aku sama kaya kaka, aku di SMA jurusan IPA, tapi pengin masuk AN.
    doakan semoga berhasil :)

  43. adji says:

    wahh aku ikut gabung ya … kayaknya bagus nie buat diskusi ,,,,

    kasih kasih infonya ya ,,,,
    aku adji, ku baru masuk AN tahun ini ,,, apa yang pertama musti di pelajarin bar gak ketinggalan ma yang lain ya ????

Comments are closed.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

