Mutiara Nisa Rozdianda

Galunggung, Gunung Cantik di Tasik

on March 17, 2010

Akhir Juli lalu pas masi liburan semersteran dengan budget seadanya saya diajak bagpackeran teman – teman saya. Ada Arda, Adhie, dan Wildan. Dari Jogja, kami berangkat dengan kereta ekonomi ke Ciamis, menyusul Wildan yang sudah stand by di rumahnya. Cukup mengeluarkan ongkos Rp 19.500,00 per orang, kamipun sudah melewati 2 provinsi . Sebenarnya kami sama – sama belum pernah ke stasiun Ciamis sebelumnya. Tapi dasar nekat, kamipun tetap berangkat dengan mata yang selalu terjaga takut kebablasan T_T.

Setelah kurang lebih 6 jam perjalanan, kamipun sampai di stasiun Ciamis hampir waktu subuh dan menuju Masjid Raya Ciamis, setelah sholat, kami lalu berjalan – jalan ke alun – alunnya yang ada taman raflesianya itu🙂. Jadi di tengah alun – alunnya tu ada semacam patung bunga raflesia gede banget..🙂

Hari pertama ini kami menghabiskan waktu berjalan  jalan di daerah rumah Wildan yang memang masih “asli” belum ada jalan aspal, masih banyak balong(kolam ikan) di samping – samping rumah..:). Disini saya belajar banyak hal, dari bikin sambel Cuma dengan cabe ijo dan garem ^^, masak yang apinya masih dari kayu bakar, maem ubi rebus yang baru aja dicabut dari tanah, ngupas kelapa muda yang fresh dari pohonnya (ternyata teman saya ahli banget manjat pohon kelapa😀 ), nyobain maem ketan yang dimasak di dalam degan :d, asiklah pokoknya,,:D

Hari berikutnya kamipun memulai perjalanan, dari Ciamis sampai Tasik, kami mencoba liften, alias nebeng kendaraan dan ga bayar, pas itu beruntung sekali ketika kami jalan ada truk kosong yang lewat dan Aa’ sopirnya baik,,J, sampai Tasik kamipun berhenti di sebuah masjid untuk sholat yang terletak di dekat makamnya Nike Ardila, sayangnya kami tidak sempat berziarah karena harus segera berangkat ke terminal Tasik dengan bis. Sampai disana, kami ganti angkutan kecil semacam angkutan pedesaan gitu yang ke arah gunung galunggung.

Di tengah jalan kamipun turun, kami membeli bahan makanan untuk bekal perjalanan di warung setempat. Ada beras, telur, garam, saos, kecap, bakso, mi instan dll. Ketika itu saya pikir perjalanan sudah dekat karena teman saya mengajak berjalan kaki. Ternyata,, masih jauh banget! Kurang lebih 14 km kami berjalan dengan beban yang lumayan, buat saya yang baru pertama kali bagpackeran, rasanya capek banget, udah gitu di tengah jalan hujan pula. Hwaaa,,,,alhamdulillah gerbang gunungnya udah deket. Tapi karena cuaca yang nggak mendukung dan sudah gelap, saya dan teman – temanpun kemudian mampir ke pemandian air panas Cipanas.

Habis berendam di salah satu ruang tertutupnya, rasanya seger banget. Kayaknya capeknya langsung pada ilang. J meskipun awalnya sempet shock dengan panas airnya, tapi pas udah berendam rasanya enak banget. Berasa sauna,,hohoho. Di cipanas dibatasi maksimal waktu berendam Cuma 15 menit. Yaeyalah,,secara lima menit aja saya udah hampir ga kuat,hahaha

Malamnya kami tidur di gubuk deket pemandian gitu, sok – sok an nyoba bagpackeran beneran,hehehe.  Haduh mak,, dinginnya minta ampun, mana pas itu sebenernya kami ga tau kalo ternyata mau diajak bagpackeran ke gunung. Jadi, saya cuma bawa jaket dan kaos kaki tipis coklat ibu – ibu punya ibu saya. Hwaaahhhh. ,,malemnya dingin banget!!! Untuk mengurangi rasa dingin sayapun mengikat kaki saya dengan baju sweater. Walau diketawain anak – anak biarin..:P

Dinginnya malam itu terbayar dengan mandi air panas di dekat gubuk, asiknya,… udah gitu karena malamnya hujan, paginya jadi ada pelangi di antara bukit – bukit di Cipanas, cantik sekali J

Ditemani pelangi yang muncul sesaat dan sinar matahari yang hangat, kami melanjutkan perjalanan ke Kawah Galunggung. Jaraknya kurang lebih 4 km dari Cipanas. Sebenarnya medannya nggak berat, cuman,, tenaga kami, terutama saya yang baru kali ini ke kawah gunung, sudah hampir habis gara – gara berjalan jauh (padahal ada angkot) kemaren. Alhasil, berkali – kali kami berhenti dan tidur d jalan😀. sampai di kaki kawah (bener ga ya istilahnya? :D) ada tangga yang memudahkan kita buat naik ke kawah. Eiitt,, tunggu, jangan berfikir semudah itu, karena tangganya beranak sampai 620. Jadi untuk mengisi tenaga, saya dan teman – temanpun beli air aren di Aa’2 yang jualan di kaki tangga😀. ada 2 macam air aren,yang mateng sama yang ga mateng, sebenernya sama aja, Cuma beda dikitnya yang ga mateng ada kayak rasa sodanya gitu🙂.

Pas udah naik tangga, tiap kurang lebih 200 tangga, kami berhenti, capek banget! T_T. tapi pas udah sampai kawah…hmmm..capeknya rasanya ilang,  udah gitu rasanya speechless, cantiknya,,,:*

Sayang seribu sayang kamera yang saya bawa mmc nya tiba – tiba rusak, alhasil Cuma moto2 pake hape T_T. Setelah menikmati kawah dari atas, kamipun segera turun ke kawahnya langsung, sekaligus sholat di masjid yang ada di deket kawah sana. Sebelum ke masjid, kami ke “puncak” kayak pulau kecil di tengah kawah gitu. Disini kami bertemu dengan bapak – bapak K.O.R.A.W.A yang dengan baik hati mau memoto kami, jadi kami punya foto berempat bareng J. Ternyata masjid yang kami tuju masih cukup jauh, tapi cukup memuaskan ketika udah sampai sana, karena emang enak buat istirahat. Udah gitu ada mata air yang bisa langsung diminum juga, Jadi bisa isi ulang persediaan🙂

Pulangnya karena rasanya udah ga sanggup kalo jalan lagi, setelah “lulus” turun dari tangga tak berujung itu, kamipun ke terminal Tasik naek ojek dasyat yang sekali bawa penumpang 2 orang sekaligus dan kencengnya minta ampun, ditambah lagi hujan deras, makin bikin senam jantung😀

7 responses to “Galunggung, Gunung Cantik di Tasik

1. cefer says:

wah bagus2,, sejuk diliatnya.. kayaknya enak neh habis lama kerja di jakarta pergi berlibur kesana..