Mutiara Nisa Rozdianda

Gili Trawangan Island : Surganya Lombok

on March 31, 2010

Hehehe,,pas gak ya judulnya?

Yang jelas setelah 2 hari perjalanan (berangkat dengan K.A. Sri Tanjung Jurusan Yogyakarta – Banyuwangi, dilanjutkan dengan Kapal Ferry Ketapang – Gilimanuk, Bis Gilimanuk – Ubud, Ubud – Padangbai, Ferry Padangbai – Lembar, Bemo Lembar – Bangsal, cidomo dari perempatan Bangsal ke Pelabuhan Bangsalnya dan yang terakhir kapal dari Bangsal ke Gili Trawangan), ga kerasa pas ketemu salah satu pulau Gili ini.

Saya beserta tiga teman saya : Arda, Adhi, Mata backpacking ke Lombok, yang bagi kami semua merupakan pengalaman pertama kesana, tujuan dari awal memang ke Gili Trawangan. Alhamdulillah sekitar jam 16.00 WITA kami tiba dengan selamat disana dan langsung disambut ramah oleh penduduknya. Saya ga berlebihan, bener – bener ramah jika dibandingkan dengan penduduk Lombok pada umumnya bahkan Bali. Tiba disana kami langsung diminta melapor ke keamanan pulau dan bisa segera bergegas untuk mencari penginapan.

Penginapan disana (homestay) terhitung cukup murah menurut saya, tapi mungkin juga karena belum musim liburan. Banyak yang menawarkan Rp 100.000/kamar/hari walaupun penginapannya tidak terletak persis dipinggir pantai, tapi tidak terlalu masuk ke dalam juga. Fasilitaspun cukup memuaskan : bed, fan, kamar mandi dalam, dan biasanya ada kursi di depan kamar beserta meja untuk duduk – duduk. Hanya saja masih banyak yang airnya payau, alias agak asin. Ada juga si yang tawar,,tapi ya harganya juga ga bisa ditawar,hehehe.

Sore itu kami segera ke sisi lain pulau untuk melihat sunset, agak jauh si kalo jalan. Pas sampe sana, kami agak terlambat, mataharinya sudah agak tenggelam ke laut dan tertutup awan. Meski begitu, pemandangannya luar biasa indah, reflection!:). Pulangnya kami menyusuri pantai sambil menikmati keindahan dan suasana pantai yang menenagkan, sering kami berpapasan dengan bule – bule. Kamipun tercengang ketika melewati kawasan café – café yang mayoritas isinya turis mancanegara. Baik orangnya, musiknya, dekorasi, dan makanannya bahkan toko – tokonya, serasa ga di Indonesia. Sayangnya kami hanya melewati saja, belum sempat mencoba. Maklum,,belum terjangkau isi kantong😀 (tapi dalam hati saya berjanji akan kembali kesini dengan peningkatan purchasing power ) ). Dan karena kecapekan, malam itu kami langsung tertidur

Paginya kami yang sudah kembali berstamina langung menuju pantai dan menunggu sun rise, 06.30 WITA, sun rise langsung kami nikmati. Tiga kata yang langsung terucap : indah, dasyat, keren!😀. seusai menikmati sun rise, kami berjalan – jalan di sekitar pantai, mengamati orang memancing, menikmati keindahan karang – karang di laut yang bisa jelas terlihat dari dermaga. Gili Tarawangan juga sangat cocok buat yang ingin menikmati udara bersih, karena tidak ada kendaraan bermotor disini!

Mau makan? Banyak, selain banyak café – café tadi, banyak juga ko yang menyajikan makanan local. Nasi campur andalannya :nasi putih, sayur, ayam, tempe, telur Cuma delapan ribu rupiah. Maknyus to?hehehe. cumin, yang agak mahal disini air minum, dan entah mengapa harga antar toko bisa berbeda – beda. Air mineral botol 1.5 liter harganya mulai dari Rp 3.000 – Rp 6.000/botol dan semuanya bermerek : Narmada. Bangga saya, bisa minum produk local

Lets snorkeling!😀

Pemandangan dibawah laut sini,,benar – benar indah, ga sampe 10 meter dari bibir pantai udah banyak karang – karang cantik dan ikan berwarna – warni, dari yang item putih sampe pink ada, dan yang bikin lebih menyenangkan lagi,,ikan – ikan itu berenang disekitar kita😀, udah gitu coral reef nya juga beberapa masih yang gerak – gerak hidup gitu, cantiklah pokoknya. O ya,,buat snorkeling nya saya bawa alat sendiri. Tenang aja, buat yang ga punya, nyewa aja. Di Gili Trawangan Cuma 30ribu kita udah bisa nyewa goggle, snorkel, dan kaki katak seharian +milih sendiri . Spot – spot yang bagus bisa ditanyakan ke penduduk sekitar. Karena ada beberapa spot yang lebih banyak semacam rumput lautnya gitu daripada karangnya . Herannya pas kami di spot yang banyak rumputnya itu, ada turis korea yang bilang disitu tu udah bagus banget buat snorkeling,,hohoho,,langsung aja kami kasih tau, tempat snorkeling bagus kami tadi, dan dengan sepeda, dia dan adeknya langsung mengayuh sepeda dengan masih berbikini ke tempat yang kami rekomendasikan sambil berterima kasih.

Hari berikutnya kami meninggalkan Gili Trawangan dan menuju Mataram bersama Nienke Verschuur (turis belanda yang baru kami kenal dan lebih paham jalur “tariff biasa” di Lombok daripada kami yang kena tipu  ), sepanjang perjalanan dia bercerita bahwa di Gili Trawangan agak bosan, hanya menghabiskan waktu 3 hari saja. Karena disana tidak banyak aktivitas seperti di bali, hanya pesta dan snorkeling, sementara dia tidak begitu nyaman di dalam laut . Di Mall Mataram kami berpisah, dia shopping dan kami belanja oleh – oleh mutiara dan kain tenun kemudian segera pulang.

Alhamdulillah pas naek ferry di Lembar dapet kapal bagus, alhasil kami ga tidur dan keasikan melihat pemandangan sekitar, sesuai informasi dari Nienke, di Laut antara Lembar dan Padangbai ini banyak lumba – lumbanya. Dan benar saja, didukung cuaca cerah, kami melihat lumba – lumba berloncat – loncatan cukup sering, dan ada juga ikan terbang yang terbangnya cukup jauh, banyak sekali. Sangat menyenangkan…Gili Trawangan,Surga Liburan kali ini v(^O^)/

6 responses to “Gili Trawangan Island : Surganya Lombok

1. mutiaranisa says:

ayok ikut kesana mas,,kapan2..:)

2. cefer says:

wuihihihi.. Lombok bok bok..

jadi ngiler..

3. yazid says:

wow.. mantap!!
    secepatnya menuju tkp (lirik dompet…oh no! -___-)

btw, sunrise jam 18.30 WITA bentuknya kayak apaan neng?

4. david says:

keren bangets yaa mbak… palagi sunrise nya

5. yazid says:

saya sudah kesana.. yeeeiiiii
    ini laporan langsungnya http://www.yazid.kandangbuaya.com/mblayang-bali-lombok-bli/