Mutiara Nisa Rozdianda

Persiapan menyusui dan Asi Perah

on June 4, 2015

Mempersiapkan untuk menyusui dan ASIP agar lancar nantinya itu bisa dan seharusnya dilakukan di jauhhh jauh hari pas mulai hamil. Jadi waktu itu diberi masukan sam temen – temen yang udah pada menyusui termasuk dari ibu langsung. Kira – kira beginilah masukannya : sering – sering massage payudara dan membersihkan puting serta menarik – nariknya., cara memijat detailnya sih ada tuh dari youtube. Sedangkan kalau membersihkan puting biar nggak ada kulit – kulit mati dan lunak, bisa dilakukan dengan cara kompres dengan air hangat terus diolesin minyak kelapa untuk dibersihkan dan ditarik – tarik keluar putingnya. Ini fungsinya biar putingnya keluar, terus puting yang bersih memperlancar keluarnya si juga. Selain itu kalau putingnya lemes/ lunak, nanti pas menyusui ( terutama untuk pertama kali) nggak telalu sakit… dan alhamdulillah banget waktu menyusui pertama kali aku udah lancar banget.Breastfeeding

Jangan khawatir kalau pas hari – hari pertama menyusui hanya keluar sedikit, warnanya kekuning – kuningan, karena memang itulah yang dibutuhkan bayi, colostrum. Bayi baru lahir kapasitas pencernaannya masih sangat kecil. Sehingga jangan galau kalau asi yang keluar tidak banyak, karena emang yang dibutuhkan hanya “sesedikit itu”. Dan kebetulan asi saya juga bukan asi yang berlimpah seperti cerita orang – orang, alhamdulillah tetep cukuplah untuk si baby.

Kalau untuk memperlancar menyusui dan ASIP, berikut beberapa peralatannya :

  1. Pompa Asi (Breast Pump)

Pompa asi saya hanya punya yang manual, itupun hadiah dari Avent, rejeki bayi bangetlah… pas ikut acaranya.. dapet sepaket alat ASIP. Alhamdulillah cocok juga. Enak dipakainya, empuk.

  1. Cooler bag

Selain dari avent yang dipakai sehari – hari dan bisa dimasukin ke tas kerja, saya juga beri yang merk Igloo yang double compartement., muat banyak banget, dan awet dingiinya. Harganyapun nggak terlalu mahal. Bisa dibeli di Ace Hardware.

  1. Tempat penyimpanan ASIP

Saya beli botol ASIP yang dari BKA 1 pack (8), botol ASIP tutup karet tanpa merk @3500 di Bebelove, Plastik Asi Natur (paling murahhhhhh), serta Container Avent dari olshop. Kenapa beli container avent, karena mikir nanti bisa dipakai juga untuk MPASI, terus bisa juga langsung dipakai di breastpump avent dengan converter yang sudah include di paket pembelian container.

  1. Ice Gel/ Ice Pack
  • Ice pack dari Amayastore di tokopedia, ini recomended bangett,, nget.. tahan lama banget. Dulu pas dipakai pulkam bisa lebih dari 15 jam. Perjalanan dengan mobil Jakarta – Klaten. Padahal Cuma pakai 1 icepack itu.
  • Rubbermaid yang beli di Acehardware, lumayan ya,, bisa sampai 8 jam dengan 2 icepack di cooler bag avent
  • Icegel bawaan dari avent, hahaha,, ini nggak direkomendasikan.
  1. Apron

Dapet dari aventnya, gede banget sama ada bawaan dari gendongan bayi dialogue, ini yang sering dibawa – bawa, tinggal pake.

  1. Botol bayi

Botol susu bayinya pas itu dapet dari avent, akhirnya beli satu lagi dengan merk dan jenis yang sama, natural – wide neck. Sayangnya si BH (Baby Huda) tiba – tiba nggak mau pakai, Cuma pas 1,5 bulan diawal, akhirnya belilah Dr. Brown yang Wideneck juga, ehh,, nggak mau,, padahal udah beli dua sekaligus.. huks… belakangan beli pigeon malah dia mau,, alhamdulillahhh,,,anak yang tau keadaan ortu,,, secara,, jauh lebih murah. Akhirnya nganggur deh tuh 4 botol…😥

  1. Breast Pads

kurang lebih itulah peralatan intinya, tapi ada juga yang putingnya sakit pas kegigit atau mastitis jadi harus pakai krim khusus untuk meringankan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: