Mutiara Nisa Rozdianda

Persiapan Perlengkapan Bayi

on June 4, 2015

Persiapan buat melahirkan ini bisa dilakukan jauh – jauh hari pas hamilnya belum tua banget. 7 bulanlah kalo bisa,,. Dicicil juga nggak papa sih. Kalo dulu sih dapat rekomendasi belanja di beberapa tempat berikut ( Jakarta) , nggak ada yang di ITC ya,, soalnya suami dulu nggak sempet nganterin :

20141025093638

  1. Maebebe Bintaro

Lokasinya pas banget hadap – hadapan sama STAN. Maebebe ini tokonya tidak terlalu luas, tapi lengkap, kalaupun misalnya ndak ada di display, kebanyakan ditanyakan langsung ke mbak – mbak pramuniaganya ada. Harganya juga bersaing banget ( baca : murah sekalii).

  1. Bebelove Tomang

Karena deket kantor lama aja sih, barangnya nggak terlalu lengkap menurut saya, harga juga standar. Harganya agak murah kalo misal beli sekaligus banyak, misal seri yang sama tapi beda warna beli 3 buah…

  1. Bilna.com

Lumayan lengkap dan suka ada promo atau diskon. Terutama promo cicilan 0% pake kartu kredit BNI. Xixixi,, lumayan meringankanlah disaat banyak hal yang harus dipenuhi bersamaan sekaligus, terus dimaksimalin biar free ongkir.

  1. Tokopedia

Ni kumpulan olshop yang lumayan lengkap nih,, harganya juga banyak yang murah dan bisa langsung dibandingkan, tapi sayangnya kalau misa beda toko, ongkirnya jadi beda juga,,,

Berikut list perlengkapan untuk bayi baru lahir :

a. Pakaian

  • Pakaian tidur.

Untuk baju tidur saya banyak beli baju velvet atau fluffy. Bahannya dua – duanya enak, awet dan tebel. Karena udah tau kemungkinan besar baby boy, jadi beli warna ijo, biru, kuning dan coklat. Warna – warna netral lah… sedangkan celananya beli beberapa celana pop dan celana panjang

  • Bedong

Meskipun beberapa tidak merekomendasikan bedong, saya tetap sesekali membedong bayi, terutama pas mau tidur, soalnya kadang bayi itu kaget, gerak sendiri dan langsung nangis bangun, kasihan kan, kalau tidurnya tidak nyenyak. Padahal bayi harus banyak tidur. Saya beli bedong merk Baby Chaz yang paketan warna hijau, biru, kuning, hal ini karena saya tidak terlalu suka motif aneh – aneh, polos aja, jadi nanti bisa jadi alas tidur maupun selimut dan bisa dipasangin lain – lain. Barangnya direkomendasikan. Selain itu saya juga beli satu bedong instan biar simple aja sih,, nyoba. Dikit ya? Selebihnya ada lungsuran dari keponakan, karena katanya nggak dipakai lama, saya dipinjemin aja. Lumayan buat beli – beli yang lain.

  • Popok

Popok ini saya banyak dapet lungsuran. Jadi nggak beli. Sama beli pospak (popok sekali pakai) untuk ukuran NB dari Mamypoko.

  • Kaos singlet

Biar anget katanya suruh pakai singlet. Saya beli satu lusin aja, merek campuran.

  • Wascloth

Saya beli 1 pack merk disney. Bahannya lumayan, dan nggak terlalu mahal juga. Ini buat ngelap – ngelaop kalau baby nya gumoh biasanya.

  • Kaus kaki, mitten, topi

Kaus kaki, mitten dan topi saya beli yang sepaket 2, selebihnya beli kaus kaki sendiri sama mitten sendiri. Kaus tangannya Cuma dikit aja, karena setelah satu bulan, saya kurangin penggunaannya. Biar sensor saraf di tangannya berkembang lebih baik. Topi sih Cuma punya 3, nggak terlalu kepakai pas habis satu bulan, suka kepanasan soalnya.

  • Pakaian pergi – pergi

Beli 2 aja pas itu yang jumper dan baju potongan biasa. Karena bayi nggak banyak pergi – pergi, beli dikit aja, dulu jumpernya Cuma kepake sekali pas umurnya 2 minggu. Habis itu nggak muat lagi. Hahaha

b. Perlengkapan tidur

  • perlengkapan bayiSelimut – Charter’s
  • Kasur bayi – dikasih (no merk)
  • Bantal dan guling – Baby U
  • Tudung kelambu bayi – berguna banget kalo rumahnya terbuka jadi banyak nyamuk . yang ini juungsuran

c. Perlengkapan mandi

  • Set perlengkapan bayi cusson & pigeon (bedak (nggak kepakai), telon, hair lotion, baby cream, shampo, sabun, baby oil, cotton bud)
  • Ember bayi – ada yang bilang lebih baik pakai baby bather, tapi karena suami pas dititipin beliinnya ini, yaudah,,, jadi sekalian bisa buat renang – renang deh. Hehehe
  • Handuk bayi
  • Washlap – pilih yang khusus untuk bayi biar lembut
  • Perlak bayi, beli dua, yang plastik kecil buat dibawa pergi – pergi, sama yang karet lebar buat dirumah.
  • Baby groom ( baca : perlengkapan ganteng bayi seperti sisir dkk) – Pupu

d. Macam – macam lain

  • Tas bayi – dikasih, tapi akhirnya lebi sering disatuin sama tas ibunya kalo pas pergi – pergi.gendongan dialogue DG118
  • Termometer digital – pumpee
  • gendongan bayi. kami beli dialogue yang untuk 6 bulan keatas. nggak kepikiran juga buat pas kurang dari 6 bulan, tapi akhirnya banyak dapet kado gendongan bayi, untuk gendongan samping kami merekeomandasikan dialogue yang sekaligus sama apron menyusuinya yang simple, soalnya enak juga sekaligus buat semacem selimut ato bahkan alas. Selain ini, kami juga beli gendongan kain biasa karena ibu plus mbak – mbak yang jagainnya lebih suka pakai gendongan kain.

Walau kayaknya kecil – kecil gini, kalau misal diitung – itung semuanya harganya lumayan loh,,, 1 juta lebih,,, itupun alhamdulillah masih kebantu sama dapet banyak lungsuran dari ponakan yang baru lahir juga di tahun yang sama.

Catatan : buat emak – emak,, meskipun kita lapar mata,,, tahan – tahan yah,,, soalnya Cuma banyak yang kepakenya bentar, terutama di kebutuhan pertama : pakaian bayi. Hehehe


One response to “Persiapan Perlengkapan Bayi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: