Mutiara Nisa Rozdianda

Ketika menabung ASIP tidak semudah yang direncanakan….

on June 5, 2015
ASIP yang terbuang

ASIP yang terbuang sia – sia😦

Pertama kali mencoba memompa ASI, kurang lebih anak umur 9 hari,, hampir putus asa saya untuk memompanya. Saya mencoba pertama kali dengan alat pompa si, hanya keluar kurang dari 20 ml. Selanjutnya setelah saya cari tahu kesana kemari, saya coba dengan tangan langsung, sakit awalnya karena salah cara. Saya cukup stres ketika dalam dua hari hanya bisa menghasilkan satu botol penyimpanan ASI, padahal sudah memompa agak sering. Yang keluar hanya beberapa tetes tiap kali memompa. Padahal karena ada suatu urusan yang tidak bisa ditinggalkan ( baca : pemberkasan CPNS) di Jakarta, saya harus punya stock ASI untuk Baby Huda yang akan ditinggalkan dalam jangka waktu minimal 2 hari.

Sampai tiba di waktunya saya pergi, waktu itu 12 hari setelah lahiran, saya hanya bisa mempersiapkan ASI untuk stok Huda kurang lebih 7 botol yang isinya bervariasi, kebanyakan tidak penuh. Sedihhh rasanya,,,, akhirnya jadilah dia anak sapi untuk sementara waktu. Lambat laun saya mulai tau cara untuk memeras asi, minimal memerah langsung dengan tangan. Awal – awal memerah, saya hanya bisa dapat kurang lebih 1 botol (50 – 60 ml ) sehari, karena kata ibu, waktu jadi anak sapi dulu segitu sekali minumnya. Lama kelamaan saya mulai bisa dapat 90 – 100 ml sehari, bahkan kadang 2 botol dengan jumlah 80 – 100 ml perbotolnya, padahal kalau langsung menyusu anaknya banyak loh,, bahkan bisa netes – netes sampai basah bajunya di payudara sebelahnya.

Pas udah mau masuk kerja, ASIP beku saya yang masih dikampung dibawa sama adik saya ke Jakarta, tapi karena adek kurang tau caranya, di tiap kompartemen tas igloo hanya diberi satu icepack kecil rubbermaid. Alhasil mayoritas asip nya sudah mencair pas nyampe jakarta dan terbuang. Karena perjalanannya via darat (kereta) yang butuh waktu lumayan). Pengen nangis rasanya pas mbuang ASIP – ASIP itu… udah gitu hari – hari berikutnya pas ditinggal kerja, Huda nggak mau minum ASIP lewat botol, padahal dulu nggak masalah loo,, sampe beberapa kali ganti dot.. duhhh… kebuang pula itu ASIP – ASIP yang sudah dicairkan,…huaaaaa

Akhirnya stock ASIP habis, dan saya sampai sekarang hanya bisa membuat stock ASIP hari esok dipersiapkan di hari sebelumnya. Tiap hari saya “memanen ASIP” sekitar 4 – 5 botol ukuran 100 ml, dan sudah dengan pompa ASI, tidak dengan tangan lagi,, sakit soalnya lama – lama, apalagi kalau terlalu bersemangat, bisa sampe lecet. hahaha. Sangat mepet sebenernya untuk kebutuhan Huda, tapi tetep fight lah,,, Sisi Positifnya Asi yang dikonsumsi Huda masih sangat fresh,,, disimpan hanya kurang dari 24 jam sebelum dikonsumsi.,,. Hehehe

Untuk yang ASInya bukan tipe yang berlimpah ketika dipompa seperti saya, berikut tips2 menabung ASIP :

  1. Makan sayur dan minum air putih yang banyakkkk,, makan yang banyak juga boleh,.,, dimaklumin kok…
  2. Sering – sering memerah ASI dalam keadaan rileks, kalau bisa di massage dulu sebelum dipompa.
  3. Kalau ASI banyak tetapi tidak bisa dipompa/ tidak bisa keluar, buatlah Let-Down- Reflect sendiri, kalau saya sih dengan merangsang puting seperti menarik – narik lembut puting dsb, lama – lama terasa aliran ASI di payudara mau keluar dan netes sendiri,, pas itu langsung dipompa, hasilnya akan lebih banyak.
  4. Memompa ASI sambil menyusui anak. Ketika menyusui anak, LDR akan lebih mudah didapat, sehingga payudara yang tidak sedang dihisap biasanya meneteskan banyak ASI, sayangkan kalau terbuang? Lebih baik dipompa. Agak susah sih. Biasanya saya duduk, tangan kanan menopang bayi, kemudiang tangan kiri memompa ASI, mungkin akan lebih mudah jika memakai pompa asi elektrik.
  5. Pijat payudara untuk melancarkan ASI, di beberapa orang berhasil. Tapi waktu saya pijat, sepertinya mbak – mbaknya kurang bisa untuk pijat melancarkan ASI. Jadinya belum berhasil deh kalau disaya… hehehe

Saat ini Huda sudh 5 bulan, sepertinya kebutuhan ASInya mulai jauh lebih banyak,, sayapun mulai berfikir untuk menambah produksinya dengan konsumsi vitamin ASI, teman – teman sih banyak merekomendasikan ASIFIT, Nanti kalu udah ada hasilnya,, saya share ya…

Semangat nyetok ASIP bundaaa….:*


Leave a Reply

